Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top » Jurnal » Biodik » 2014

ANALISIS KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA SMA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Jurnal Biodik Volumen 3 No 1 2014 Hal.1
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-29 09:41:19
Oleh : Riky Sheptian*, Himatul Aliyah*, Billyardi Ramdhan** *Alumni Pend. Biologi FKIP UMMI, **Dosen Pend. Biologi FKIP UMMI, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-06-29, dengan 1 file

Keyword : Model Problem Based Learning, Kemampuan memecahkan masalah

ABSTRAK


Penelitian yang berjudul “ Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SMA pada

Konsep Pencemaran Lingkungan Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning” ini

bertujuan untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah siswa SMA melalui

pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning), mengetahui aktivitas siswa

selama diskusi dengan model Problem Based Learning, serta untuk mengetahui respons siswa

dan guru terhadap pembelajaran PBL. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif.

Kemampuan memecahkan masalah siswa dijaring melalui tes uraian. Tes uraian tersebut

terdiri dari masalah yang berupa wacana disertai dengan 10 pertanyaan yang memuat

langkah-langkah memecahkan masalah. Aktivitas diskusi siswa saat pembelajaran dijaring

dengan menggunakan lembar observasi kelompok dan lembar observasi kelas. Sedangkan

respon siswa dan guru terhadap pembelajaran dijaring melalui angket dan wawancara. Subjek

penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukabumi tahun ajaran 2012/2013. Hasil

penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan memecahkan masalah siswa termasuk

dalam kategori baik (79,61%). Adapun persentase pada langkah mengidentifikasi masalah

memperoleh kategori cukup (75%), mengumpulkan data memperoleh kategori baik sekali

(85,41%), menganalisis data memperoleh kategori baik (81,25%), memecahkan masalah

berdasarkan pada data yang ada dan analisisnya memperoleh kategori baik (80,47%), memilih

cara untuk memecahkan masalah memperoleh kategori baik (76,69%), dan merencanakan

penerapan pemecahan masalah memperoleh kategori cukup (67,19%). Sebagian besar siswa

(3,31) menyukai pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan guru berpendapat bahwa

pembelajaran tersebut membuat siswa lebih aktif baik secara individu maupun kelompok

serta mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com