Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: TopLaporan Tugas Akhir (D3)PerpajakanTahun 2014

PENGARUH PENERAPAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 46 TAHUN 2013 TENTANG PAJAK PENGHASILAN ATAS PENGHASILAN DARI USAHA YANG DITERIMA ATAU DIPEROLEH WAJIB PAJAK YANG MEMILIKI PEREDARAN BRUTO TENRTENTU DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 11:25:45
Oleh : Risma Rahayu (D3 Perpajakan), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Penerapan Peraturan, Pajak Penghasilan, Peredaran Bruto

Laporan Tugas Akhir ini disusun oleh Risma Rahayu NIM 0451 2112 1005. Dengan judul “PENGARUH PENERAPAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 46 TAHUN 2013 TENTANG PAJAK PENGHASILAN ATAS PENGHASILAN DARI USAHA YANG DITERIMA ATAU DIPEROLEH WAJIB PAJAK YANG MEMILIKI PEREDARAN BRUTO TENRTENTU DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SUKABUMI”, dibawah bimbingan Tanti Agustiani, S.Pd. M.Hum dan Rinaldi, S.E Ak., M.Ak . Laporan ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sukabumi.

Untuk meningkatkan pendapatan yang berasal dari sektor pajak DJP senantiasa melakukan perubahan dari berbagai segi, salah satunya mengoptimalkan cara dan tarif pemungutan dan penyetoran pajak yang dipermudah dengan hanya membayarkan 1% dari penghasilan yang diterima oleh wajib pajak yang omzetnya tidak lebih dari 4,8 miliar dalam satu tahun pajak.

Meskipun menawarkan kemudahan dan kesederhanaan dalam penghitungan dan penyetoran pajak, nyatanya masih banyak respon negatif dari masyarakat melihat berbagai masalah yang ada dalam peraturan baru tersebut.

Kesimpulan yang dapat disampaikan oleh penulis adalah bagaimana penerapan PP 46 Tahun 2013 ini di KPP Pratama Sukabumi. Meskipun mempunyai satu terobosan dalam mempermudah proses penghitungan dan penyetoran pajak penghasilan yang bersifat final ini, ternyata masih ada masalah dan kesulitan yang dihadapi oleh pihak wajib pajak maupun kantor pajak sendiri. Peraturan inipun menuai berbagai respon dari pihak wajib pajak,ada yang merasa dirugikan dan ada juga yang merasa diuntungkan. Tetapi, meskipun mengalami pro dan kontra peraturan ini nyatanya dapat meningkatkan pendapatan pajak negara dari sektor PPh Final.

Metode yang digunakan oleh penulis dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah metode Deskriptif yaitu menggunakan pencarian fakta dengan interprestasi yang tepat. Penelitian deskriptif dilakukan mempelajari bahwa masalah-masalah dalam masyarakat serta situasi-situasi tertentu, termasuk tentang hubungan kegiatan-kegiatan, sikap-sikap, pandangan-pandangan, serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh-pengaruh dari suatu penomena.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com