Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top » Laporan Tugas Akhir (D3) » Perpajakan » Tahun 2014

PELAKSANAN PENDATAAN DAN PENILAIAN OBJEK PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) DI KANTOR DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (DPPKAD) PALABUHAN RATU KABUPATEN SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 11:32:42
Oleh : Selly Mela Wahyuni (D3 Perpajakan), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Pendataan, Penilaian, Perdesaan, Perkotaan

Laporan Tugas Akhir ini disusun oleh Selly Mela Wahyuni Nim 04512111021 dengan judul Ā“PELAKSANAN PENDATAAN DAN PENILAIAN OBJEK PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) DI KANTOR DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (DPPKAD) PALABUHAN RATU KABUPATEN SUKABUMIĀ” dibimbing oleh Ibu Tanti Agustiani, S.Pd,. M.Hum dan BapakDarmo H.Suwiryo, S.E, M.Pd., MM.

Pelaksanaan pendataan dan penilaian objek pajak bumi dan bangunan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi untuk menciptakan suatu basis data yang akurat dan terbaru dengan mengintegrasikan semua aktivitas administrasi pajak bumi dan bangunan kedalam satu wadah sehingga pelaksanaannya dapat lebih seragam, sederhana, cepat, dan juga efisien .

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata carapelaksanaan pendataan dan penilaian objek pajak bumi dan bangun, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendataan dan penilaian objek pajak bumi dan bangunan di Kantor Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Palabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif.Objek penelitian yang diangkat penulis pelaksanaan pendataan dan penilaian objek pajak bumi dan bangunan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi dan wawancara.

Hasil penelitian yang didapat bahwa pelaksanaan pendataan dan penilaian objek pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan maka perlu dilakukan pendataan dan penilaian terhadap pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) yang kewenangannya dilakukan oleh pemerintah daerah menurut Peraturan Bupati Sukabumi No.92 tahun 2012. Pendataan yaitu pembentukan basis data Pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan pendataan dilakukan dengan menggunakan SPOP yang harus diisi dengan jelas,benar, dan lengkap serta ditandatangani paling lambat 30 hari kerja setelah tanggal diterimanya SPOP oleh subjek pajak dan disampaikan kepada kepala daerah untuk diterbitkan SPPT dan dilakukan sekurang-kurangnya untuk satu wilayah administrasi desa/kelurahan. pendataan dilakukan dengan berbagai cara seperti penyampaian dan pemantauan pengembalian surat pemberitahuan objek pajak (SPOP), pendataan dengan cara identifikasi objek pajak, pendataan dengan cara pengukuran bidang objek pajak dan pendataan dengan verifikasi data objek pajak. Penilaian dapat dilakukan secara massal maupun secara individual dengan menggunakan pendekatan penilaian yang telah ditentukan.Adapun hasil dari penilaian objek pajak yaitu digunakan sebagai dasar penentuan NJOP.Penilaian secara massal yaitu dapat berupa penilaian massal tanah, penilaian massal bangunan dengan menyusun daftar biaya komponen bangunan (DBKB) objek pajak standar dan penilaian massal bangunan dengan menyusun daftar biaya komponen bangunanpenilaian individual untuk objek pajak berupa bumi dengan pendekatan data pasar (DBKB) objek pajak non standar. Adapun untuk penilaian individual dapat berupa pendekatan data pasar, pendekatan biaya dan kapitalisasi pendapatan.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com