Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top » Laporan Tugas Akhir (D3) » Perpajakan » 2015

TINJAUAN ATAS PENGAJUAN PERMOHONAN PEMBETULAN SURAT PEMBERITAHUAN PAJAK TERUTANG (SPPT) PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN DI UPT PBB-P2 DAN BPHTB DPPKAD KOTA SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 13:29:15
Oleh : SHELLA MAHARANI SOPYAN (D3 Perpajakan), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Permohonan Pembetulan, Perdesaan, Perkotaan

Laporan Tugas Akhir ini disusun oleh SHELLA MAHARANI SOPYAN, 045121211030 dengan judul “TINJAUAN ATAS PENGAJUAN PERMOHONAN PEMBETULAN SURAT PEMBERITAHUAN PAJAK TERUTANG (SPPT) PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN DI UPT PBB-P2 DAN BPHTB DPPKAD KOTA SUKABUMI”. Laporan Tugas Akhir ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh ujian sidang program studi Perpajakan Diploma III.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengajuan permohonan pembetulan SPPT PBB-P2, kendala – kendala dalam pelaksanaan permohonan pembetulan SPPT PBB-P2 serta cara – cara penyelesaian terhadap kendala – kendala tersebut di UPT PBB-P2 dan BPHTB DPPKAD Kota Sukabumi.

Metode Penelitian yang digunakan oleh penulis adalah Metode Deskriptif. Metode Deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang.

Laporan Tugas Akhir ini membahas tentang pengajuan permohonan pembetulan surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT). Pembetulan SPPT PBB-P2 adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh Subjek Pajak untuk mengajukan pembetulan SPPT PBB-P2 atas dasar kesalahan penulisan yang bersifat manusiawi dengan cara mengisi dan menandatangani Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP), dan Lampiran SPOP.

Pelaksanaan permohonan pembetulan SPPT PBB-P2 di UPT PBB-P2 dan BPHTB DPPKAD Kota Sukabumi, pemohon datang ke UPT PBB-P2 dan BPHTB dengan melampirkan syarat – syarat yang sudah ditentukan oleh UPT PBB-P2 dan BPHTB. Kemudian petugas pelayanan umum akan memeriksa kelengkapan berkas, jika sudah lengkap maka berkas tersebut bias diterima dan diproses.

Kendala yang sering timbul yaitu banyaknya berkas permohonan syarat dan bukti pendukung yang kurang lengkap, selain itu masih terdapat kesalahan dari masyarakat pada saat mengajukan permohonan karena tidak mengetahui tempat pelayanan yang dituju, dan kurangnya pemahaman dan kesadaran dari masyarakat akan pentingnya pemrosesan pembetulan SPPT PBB-P2 tersebut bagi kepentingan diri wajib pajak itu sendiri maupun bagi kepentingan negara. Kemudian upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu petugas pelayanan umum akan menjelaskan persyaratan apa saja yang kurang dimengerti oleh wajib pajak atau pemohon, sehingga wajib pajak dapat mengerti semua persyaratan yang di ajukannya.


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com