Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: TopLaporan Tugas Akhir (D3)PerpajakanTahun 2014

OPTIMALISASI TARGET DAN REALISASI PAJAK HOTEL TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (DPPKAD) KABUPATEN SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 11:37:08
Oleh : Siti Kulsum Juliadi Asih (D3 Perpajakan), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Pendapatan Asli Daerah, Pajak Hotel, Optimalisai, Realisasi.

Laporan Tugas Akhir ini disusun oleh Siti Kulsum Juliadi Asih, NIM. 045121111012 dengan judul “OPTIMALISASI TARGET DAN REALISASI PAJAK HOTEL TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (DPPKAD) KABUPATEN SUKABUMI” di bawah bimbingan Ibu Hj. Tanti Agustiani, S.Pd, M.Hum dan Bapak Sulaeman, S.E, M.Si laporan tugas akhir ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kantor DPPKAD Kabupaten Sukabumi yang beralamat di Jalan Siliwangi No. 10 Palabuhanratu.

Untuk mengukur pendapatan asli daerah diperlukan sebuah ukuran yang mampu memberikan informasi sejauhmana pendapatan asli daerah tersebut diperoleh dalam satu tahun. Salah satu alat ukur pendapatan asli daerah tersebut adalah dengan cara membuat target-target terhadap sumber pendapatan. Dengan adanya target atau perencanaan tersebut, pemerintah daerah akan dapat mengidentifikasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan masalah pendapatan asli daerah. Pemerintahan Kabupaten Sukabumi Palabuhanratu berusaha memungut pajak daerah secara professional dan transparan berdasarkan perundang-undangan yang telah ditetapkan serta dapat mencapai target dan realisasi penerimaan pajak daerah yang telah ditetapkan dalam rangka optimalisasi dan usaha meningkatkan kontribusinya terhadap anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Tarif pajak hotel sebagaimana telah dimaksud dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 18 Tahun 2011 tentang Pajak Hotel bahwa tarif pajak hotel ditetapkan paling tinggi sebesar 10%, dikecualikan untuk tarif rumah kos ditetapkan sebesar 7,5%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana target pajak hotel, bagaimana realisasi pajak hotel, optimalisasi target pajak hotel dan cara untuk menetukan sebuah target terhadap pendapatan asli daerah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukan bahwa target dari pajak hotel mengalami kenaikan yang cukup signifikan, hal ini disebabkan oleh adanya perubahan peraturan yang berkaitan dengan perpajakan dan retribusi daerah, kenaikan ini juga dilihat dari perolehan realisasi dari tahun ke tahun, jika realisasi mencapai persentase target yang telah ditentukan maka target untuk kedepannya akan naik atau bertambah. Sedangkan perolehan realisasi pajak hotel telah mencapai target yang telah ditetapkan, sehingga ini dapat membantu untuk meningkatkan penerimaan pendapatan asli daerah. Dari hasil penelitian tersebut penulis dapat membuat kesimpulan bahwa untuk tahun 2012 persentase realisasi pajak hotel yang didapatkan ialah sekitar 113% itu artinya bahwa pajak hotel telah mencapai lebih dari target yang telah ditentukan dan untuk tahun 2013 persentase realisasi pajak hotelnya sekitar 125,36% lebih tinggi dari tahun 2012, sedangkan untuk tahun 2014 persentase realisasi pajak hotel baru mencapai 40,15% tentu ini masih belum mencapai target yang telah ditetapkan karena masa tahun 2014 belum berakhir sehingga masih dalam tahap pencapaian dan perhitungan.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com