Print ...

Kontributor...

  • Editor: Yanti Sundari

Path: Top Jurnal Biodik

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA NEGERI 1 CISAAT

Jurnal Biodik Vol. I No.1 Januari 2013
Journal from JBPTUMMIPP / 2014-05-19 18:20:50
Oleh : Siti Muhajir(1), Sistiana Windyariani(2), Eris Rustandi(2) (1) Alumni Pendidikan Biologi FKIP UMMI (2) Dosen Pendidikan Biologi FKIP UMMI, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (q)
Dibuat : 2014-05-08, dengan 0 file

Keyword : Literasi Sains, Model Pembelajaran Kontekstual, Kesehatan Ginjal

ABSTRAK: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri 1 Cisaat. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretestt-Posttestt Control Group Design pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran kontekstual dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam tema kesehatan ginjal. Pengambilan sampel secara random di SMA Negeri 1 Cisaat. Untuk menjaring aspek konten, kompetensi, konteks, dan sikap dalam literasi sains, digunakan instrumen literasi sains berupa tes multiple choice dan kuesioner sikap literasi sains, serta wawancara untuk mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan literasi sains siswa pada aspek konten, kompetensi dan konteks. Pengaruh tersebut terlihat dari hasil uji t dengan nilai thitung = 3,78 > ttabel = 2,00 taraf signifikansi α = 0,05 yang menunjukkan terdapat adanya perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Juga dilihat dari peningkatan N-gain yang lebih besar di kelas eksperimen dengan nilai 0,5 pada kategori sedang. Namun, model pembelajaran kontekstual yang dilakukan belum dapat berpengaruh terhadap sikap literasi sains siswa. Pengaruh tersebut terlihat dari hasil uji t dengan nilai thitung = -1,5 < ttabel = 2,00 taraf signifikansi α = 0,05 yang menunjukkan tidak terdapat perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Juga dilihat dari peningkatan N-gain yang negatif dengan nilai -0,05.

Deskripsi Alternatif :

ABSTRAK: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri 1 Cisaat. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretestt-Posttestt Control Group Design pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran kontekstual dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam tema kesehatan ginjal. Pengambilan sampel secara random di SMA Negeri 1 Cisaat. Untuk menjaring aspek konten, kompetensi, konteks, dan sikap dalam literasi sains, digunakan instrumen literasi sains berupa tes multiple choice dan kuesioner sikap literasi sains, serta wawancara untuk mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan literasi sains siswa pada aspek konten, kompetensi dan konteks. Pengaruh tersebut terlihat dari hasil uji t dengan nilai thitung = 3,78 > ttabel = 2,00 taraf signifikansi α = 0,05 yang menunjukkan terdapat adanya perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Juga dilihat dari peningkatan N-gain yang lebih besar di kelas eksperimen dengan nilai 0,5 pada kategori sedang. Namun, model pembelajaran kontekstual yang dilakukan belum dapat berpengaruh terhadap sikap literasi sains siswa. Pengaruh tersebut terlihat dari hasil uji t dengan nilai thitung = -1,5 < ttabel = 2,00 taraf signifikansi α = 0,05 yang menunjukkan tidak terdapat perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Juga dilihat dari peningkatan N-gain yang negatif dengan nilai -0,05.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Pusat UMMI. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com