Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top Skripsi S1 2015 FIAH ADMINISTRASI BISNIS

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TARIF TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. BAHANA CAHAYA SEJATI CABANG SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-11-06 21:11:10
Oleh : SITI SUMARNI, S1 Administrasi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-11-06, dengan 1 file

Keyword : Kualitas Pelayanan, Tarif, Kepuasan Pelanggan

ABSTRAK

PT. Bahana Cahaya Sejati Cabang Sukabumi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang otomotif khususnya dealer resmi sepeda motor Yamaha dan menyediakan jasa service khususnya motor Yamaha. Permasalah yang dihadapi oleh PT. Bahana Cahaya Sejati Cabang Sukabumi adalah pada kepuasan pelanggan, yaitu pelayanan dan tarif tidak sesuai, ketidakadilan yang diterima dalam pelayanan dan hasil akhir yang kurang memenuhi harapan pelanggan. Masalah tersebut disebabkan oleh kualitas pelayanan yang kurang maksimal dan tarif mengenai potongan harga. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui gambaran kualitas pelayanan PT. Bahana Cahaya Sejati Cabang Sukabumi, mengetahui gambaran tarif PT. Bahana Cahaya Sejati Cabang Sukabumi, mengetahui gambaran kepuasan pelanggan PT. Bahana Cahaya Sejati Cabang Sukabumi dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan tarif terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bahana Cahaya Sejati Cabang Sukabumi.

Objek penelitian ini adalah kualitas pelayanan (variabel X1), tarif (Variabel X2) dan kepuasan pelanggan (variabel Y). Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dan metode asosiatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan koefisien korelasi ganda untuk mengetahui seberapa besar hubungan variabel X1 dengan X2 secara bersama-sama dengan variabel Y, besar pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y menggunakan koefisien determinasi, pengaruh variabel bebas (independen) terhadap variabel terikat (dependen) menggunakan analisis linier berganda dan uji hipotesis F.

Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kualitas pelayanan berada pada tingkat sedang dan tinggi, tingkat tarif berada pada tingkat sedang dan tinggi, tingkat kepuasan pelanggan pada tingkat sedang dan tinggi, dan besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan tarif terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,288 atau 28,8%. Sedangkan sisanya sebesar 0,712 atau 71,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk pada penelitian ini. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa kualitas pelayanan dan tarif dapat mempengaruhi kepuasan, walaupun yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada penelitian ini adalah kualitas pelayanan.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com