Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top Skripsi S1 2015 F.PERTANIAN AGRIBISNIS

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS DALAM PENGOLAHAN SINGKONG (Studi Kasus di Kelompok Sentra Enye Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi)

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-11-12 23:09:40
Oleh : SOFI SITI HAJAR, S1 Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-11-12, dengan 1 file

Keyword : Olahan singkong (Enye), Iklim kerja, Bahan Baku, Produktivitas

ABSTRAK


Saat ini bahan baku singkong banyak diubah menjadi makanan dengan citarasa tinggi. Bahkan, dengan keuletan dan ketekunan singkong bisa dirubah menjadi makanan yang memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran. Banyak makanan ringan yang dijual di pasaran bahkan di swalayan memilih bahan baku singkong. Namun ternyata, singkong tidak hanya dapat dijadikan jenis makanan ringan saja melainkan singkong dapat diolah menjadi kerupuk atau enye sebagai bahan pelengkap saat makan (Radar Sukabumi, 2013). Sejak dulu enye dikenal oleh masyarakat Indonesia. Singkong sebagai komoditas yang murah harganya tidak terlalu menguntungkan petani, namun olahan singkong (enye) ini dapat bertahan lama sehingga dapat dikonsumsi kapan saja atau pun dijual ketika perlu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas pengolahan singkong. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Rancangan analisis yang digunakan adalah Regresi linear berganda dengan pengolahan data SPSS 17.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan maupun parsial iklim kerja dan bahan baku berpengaruh nyata terhadap produktivitas pengolahan singkong

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com