Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top Prosiding

PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) SMP DI KOTA SUKABUMI

MODEL DEVELOPMENT ENVIRONMENTAL EDUCATION CURRICULUM FOR JUNIOR HIGH SCHOOL IN SUKABUMI

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPA UNNES 2015
Proceeding from JBPTUMMIPP / 2015-07-07 10:30:26
Oleh : Suhendar, M.Pd.* Setiono, M.Pd*, *Dosen Pendidikan Biologi FKIP, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-07, dengan 3 file

Keyword : Pendidikan Lingkungan Hidup, Model Kurikulum

ABSTRAK


Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) perlu mendapatkan perhatian, dukungan dari semua pihak, khususnya pemerintah daerah setempat, kepala sekolah, guru dan pemerhati serta ahli lingkungan agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan yaitu membangun masyarakat yang peduli lingkungan dan mampu berperan aktif dalam memecahkan masalah lingkungan. Isu-isu persoalan lingkungan baik yang cakupannya lokal, regional hendaknya dijadikan fokus dalam pengembangan kurikulum pendidikan lingkungan hidup. Untuk mengembangan muatan kurikulum pendidikan lingkungan hidup identifikasi isu persoalan lingkungan menjadi sangat penting dilakukan untuk menentukan materi ajar esensial dalam mengajarkan pendidikan lingkungan hidup. Di dalam proses pembelajaran PLH, siswa harus dilibatkan secara aktif (terlibat proses mentalnya) dalam mengonstruksi pengetahuan, sikap dan keterampilannya. Dalam penelitian ini peneliti berusaha mengembangan model kurikulum PLH yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan lokal kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan data kualitatif/naturalistik dengan metode penelitian deskriptif dan teknik studi kasus. Studi kasus dilakukan dengan menggali informasi terkait dengan pelaksanaan kurikulum PLH dari kepala sekolah, guru, dinas pendidikan, dinas lingkungan hidup, pemerhati lingkungan dan ahli pengembang kurikulum. Data dikumpulkan dari subyek dan responden penelitian dengan: (1) observasi partisipatif, (2) wawancara, (3) angket, (4) pengkajian dokumen kurikulum pembelajaran, dan (5) triangulasi serta uji konsistensi antara guru, ahli, pemerintah dan hasil belajar siswa. Draft kurikulum yang dihasilkan memuat sembilan tema dan 41 materi pokok. Sembilan tema yang dimaksud adalah (a) manusia dan lingkungannya; (b) memelihara kebersihan lingkungan; (c) sumber daya alam; (d) air; (e) udara; (f) tanah dan lahan; (g) energi; (h) hutan; dan (i) atmosfer dan pemanasan global.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com