Path: Top » Jurnal » ADHUM » 2013 » Vol.3 No.3
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI PENGGUNAAN WACANA DIALOG (Kajian Praanggapan dan Implikatur dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia)
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-25 09:22:09
Oleh : Tanti Agustiani, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-06-25, dengan 1 file
Keyword : Kemampuan Berbahasa, Wacana Dialog
Dalam setiap pembelajaran di kelas pasti adanya interaksi antara guru dan siswa. Interaksi antara guru dan siswa merupakan salah satu penyebab
keberhasilan suatu pembelajaran. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh pembicara dan pendengar. Analisis wacana dapat mendeskripsikan apa yang
dimaksud oleh pembicara dan pendengar melalui wacana tersebut.Hubungan dengan hal di atas dapat dianalisis tentang praanggapan dan implikatur
dalam sebuah wacana dialog. Praanggapan adalah praanggapan pragmatis, yaitu yang ditentukan batas-batasnya berdasarkan anggapan berbicara
mengenai apa yang kemungkinan akan diterima oleh pendengar tanpa tantangan, sedangkan implikatur adalah untuk menerangkan apa yang
mungkin diartikan, disamakan atau dimaksudkan oleh penutur. Untuk memudahkan dalam penganalisisan baik itu menginterpretasikan,
memberikan makna, melihat keterkaitan antar ujaran praanggapan dan implikatur dalam dialog yang dikemukakan guru dengan siswa, penulis
membagi ke dalam tiga bagian besar kelompok isi wacana lisan antara lain bagian pembuka, isi, dan penutup. Pembagian ini sesuai dengan kegiatan
pembelajaran di kelas.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTUMMIPP |
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Sukabumi |
Nama Kontak | tiyanti_sundari@yahoo.com |
Alamat | Jl. R. Syamsudin, SH. No. 50 |
Kota | Sukabumi |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | |
Fax | |
E-mail Administrator | tiyanti_sundari@yahoo.com |
E-mail CKO | tiyanti_sundari@yahoo.com |