Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top Jurnal ADHUM 2013 Vol.3 No.3

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI PENGGUNAAN WACANA DIALOG (Kajian Praanggapan dan Implikatur dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia)

Volume 3 no 3 hal. 42-50
Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-25 09:22:09
Oleh : Tanti Agustiani, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-06-25, dengan 1 file

Keyword : Kemampuan Berbahasa, Wacana Dialog

Dalam setiap pembelajaran di kelas pasti adanya interaksi antara guru dan siswa. Interaksi antara guru dan siswa merupakan salah satu penyebab

keberhasilan suatu pembelajaran. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh pembicara dan pendengar. Analisis wacana dapat mendeskripsikan apa yang

dimaksud oleh pembicara dan pendengar melalui wacana tersebut.Hubungan dengan hal di atas dapat dianalisis tentang praanggapan dan implikatur

dalam sebuah wacana dialog. Praanggapan adalah praanggapan pragmatis, yaitu yang ditentukan batas-batasnya berdasarkan anggapan berbicara

mengenai apa yang kemungkinan akan diterima oleh pendengar tanpa tantangan, sedangkan implikatur adalah untuk menerangkan apa yang

mungkin diartikan, disamakan atau dimaksudkan oleh penutur. Untuk memudahkan dalam penganalisisan baik itu menginterpretasikan,

memberikan makna, melihat keterkaitan antar ujaran praanggapan dan implikatur dalam dialog yang dikemukakan guru dengan siswa, penulis

membagi ke dalam tiga bagian besar kelompok isi wacana lisan antara lain bagian pembuka, isi, dan penutup. Pembagian ini sesuai dengan kegiatan

pembelajaran di kelas.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com