Path: Top Jurnal ADHUM 2015 Vol. 5 No. 1

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Pada Siswa Kelas X SMAN 3 Kota Sukabumi Tahun Peiajaran 2013/2014

Volume V, No.1, Januari 2015; ISSN : 2088-4486
Journal from JBPTUMMIPP / 2017-01-21 01:40:47
Oleh : Tanti Agustiani *), David Setiadi **), Siska Sulung Lestari ***), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2017-01-21, dengan 2 file

Keyword : Model STAD, Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen

Abstrak


Penelitian yang berjudul "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Pada Siswa Kelas X SMA N 3 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2013/2014". Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana kemampuan siswa kelas X SMA N 3 Kota Sukabumi dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan model pembelajaran STAD. (2) bagaimana perbedaan pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen yang menggunakan model pembelajaran STAD dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran pada siswa kelas X SMA N 3 Kota Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan siswa kelas X SMA N 3 Kota Sukabumi dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan menggunakan model pembelajaran STAD. (2) untuk mengetahui perbedaan pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen yang menggunakan model STAD dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran pada siswa kelas X SMA N 3 Kota Sukabumi-Penelitian ini dilakukan di dalam kelas dengan menggunakan Posrtest Only Control Design dengan kelompok eksperimen dan kontrol yang melaksanakan posttest, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 3 Kota Sukabumi. Dari keseluruhan kelas X di SMAN 3 Kota Sukabumi dipilih dua kelas yaitu kelas X IIS 3 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan kelas X IIS 4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Dalam penelitian ini digunakan uji instrumen tes dan nontes, uji instrumen tes adalah posttest yaitu untuk mengetahui kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas eksperimen dan kelas kontrolSedangkan uji non tes adalah menggunakan lembar observasi terhadap siswa selama mengikuti pembelajaranBerdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan menggunakan model STAD lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model ekspositori-Berdasarkan anaKsis data hasil tes, diperoleh hasil yang menunjukan adanya peningkatan liasil belajar siswa dalam menganalisis unsur intnnsik cerpen, Hal lm diHhat pada nilai rata-rata tes kelas eksperimen sebesar 82,96 sedangkan nilai rata-rata tes kelas kontrol sebesar 57,03. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil posttest di kelas eksperimen meningkat dimana nilai tersebut lebih besar daripada kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan, bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD berpengaruh dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen di kelas X SMA N 3 Kota Sukabumi, dan disarankan setiap guru dapat mengembangkan penggunaan model pembelajaran STAD pada pembelajaran yang lain.

Copyrights : Copyright � 2001 by Perpustakaan Pusat UMMI. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Sani Zulviah

Download...