Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top » Laporan Tugas Akhir (D3) » Perpajakan » 2015

TINJAUAN ATAS PENGEMBALIAN PENDAHULUAN KELEBIHAN PEMBAYARAN PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MEMENUHI PERSYARATAN TERTENTU DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 14:09:58
Oleh : Vera Meihepasari (D3 Perpajakan), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Kelebihan Pembayaran Pajak

Laporan tugas akhir ini disusun oleh Vera Meihepasari dengan NIM 045121211027, dengan judul “TINJAUAN ATAS PENGEMBALIAN PENDAHULUAN KELEBIHAN PEMBAYARAN PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MEMENUHI PERSYARATAN TERTENTU DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SUKABUMI”dibimbing oleh Ibu Eris Darsawati, S.Pd., M.M dan Bapak Dedi Rustandi, S.E.

Pengembalian pendahuluan kelebihan pembayaran pajak merupakan salah satu kegiatan yang berada di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukabumi. Timbulnya masalah yang disebabkan atas pengembalian kelebihan pajak yang proses pengembalian kelebihan pajak penghasilan orang pribadi memerlukan waktu 15 hari setelah permohonan diajukan. Menteri Keuangan menerbitkan peraturan PMK-198.PMK.03.2013 mengenai pengembalian pendahuluan kelebihan pembayaran pajak dengan persyaratan tertentu yang berlaku sejak 1 Januari 2014. Pengembalian pendahuluan kelebihan pembayaran pajak terjadi apabila jumlah pajak yang dibayar lebih besar dari jumlah pajak yang terutang. Maka dengan hal ini wajib pajak dapat meminta pengembalian kelebihan tersebut atau restitusi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata cara pelaksanaan pengembalian pendahuluan kelebihan pembayaran pajak penghasilan wajib pajak orang pribadi yang memenuhi persyaratan tertentu, mengetahui hambatan dan upaya apa saja yang terjadi didalam proses pengembalian kelebihan, dan mengetahui proses penerbitan Surat Keputusan Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pajak (SKPPKP) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukabumi. Metode penelitian ini adalah Deskriftif Kumulatif. Objek penelitian yang diangkat penulis mengenai prosedur penerbitan SKPPKP yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian meliputi observasi, wawancara dan diskusi.

Hasil penelitian yang didapat bahwa pelaksanaan penerbitan SKPPKP dengan persyaratan tertentu diajukan oleh wajib pajak yang memiliki kelebihan jumlah pajak dengan mengajukan pernyataan secara tertulis disertakan lampiran Surat Pemberitahuan Lebih Bayar. Selanjutnya, dilakukan penelitian oleh petugas Account Representative (AR) melalui Kantor Pelayanan Pajak tempat wajib pajak terdaftar. Wajib Pajak yang memenuhi persyaratan tersebut meliputi wajib pajak orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas yang menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasialan lebih bayar dengan jumlah lebih bayar restitusi paling banyak Rp. 10.000.000.- serta wajib pajak badan dengan jumlah lebih bayar Rp. 100.000.000,- dan Pengusaha Kena Pajak yang menyampaikan surat pemberitahuan masa Pajak Pertambahan Nilai lebih bayar restitusi dengan jumlah lebih bayar paling banyak Rp. 100.000.000.-

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com