Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top » Laporan Tugas Akhir (D3) » Perpajakan » 2015

PENYAMPAIAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI 1770S ATAU 1770SS SECARA E-FILING TAHUN 2014 DI KPP PRATAMA SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 14:24:37
Oleh : Wawang Ismail Hadi (D3 Perpajakan), Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Wajib Pajak Orang Pribadi



Laporan Tugas Akhir ini disusun oleh Wawang Ismail Hadi dengan Nomor Induk Mahasiswa 045121211022, dengan judul “PENYAMPAIAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI 1770S ATAU 1770SS SECARA E-FILING TAHUN 2014 DI KPP PRATAMA SUKABUMI”.

Pengambilan judul ini dilator belakangi oleh adanya permasalahan yang timbul karena Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi terutama yang meggunakan formulir 1770S atau 1770SS secara e-Filing yaitu dengan online dan real time, dengan adanya system ini para wajib pajak akan lebih mudah menunaikan kewajibannya tanpa harus mengantri di Kantor-kantor Pelayanan Pajak sehingga dirasa lebih efektif dan efisien.

Surat Pemberitahuan (SPT) adalah surat yang olehWajib Pajak digunakan untuk melaporkan perhitungan dan/atau pembayaran pajak, objek atau bukan objek pajak, harta dan kewajiban yang terutang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. DJP melakukan inovasi berbasis teknologi untuk menuju administrasi perpajakan yang lebih ‘lean’ (ramping) dengan memanfaatkan media elektronik dalam mempermudah penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi yang menggunakan formulir 1770S atau 1770SS secara e-Filing. Dasar hukum penyampaian SPT secara e-Filing adalah Peraturan Direktorat Jendral Pajak Nomor PER- 1/PJ/2014 tentang tatacara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang menggunakan formulir 1770S atau 1770SS secara e-filing melalui website Direktorat Jendral Pajak (www.pajak.go.id).

Dalam menyelesaikan Laporan Tugas Akhir ini penulis melakukan penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dengan beberapa teknik yaitu seperti kepustakaan, observasi atau melakukan wawancara di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sukabumi yang beralamat di Jalan R. E. Martadinata No. 1 Kota Sukabumi dan dimulai pada tanggal 23 Februari sampai dengan 23 April 2015.

Kesimpulan yang dapat disampaikan oleh penulis adalah Pembaharuan dalam system perpajakan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perpajakan tersebut tidak lain adalah sebagai bagian dari reformasi perpajakan (tax reform), dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi serta meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak, perlu diberikan kemudahan kepada wajibpajak dalam penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dan mengurangi penggunaan kertas, salah satunya dengan program Penyampaian SPT Tahunan secara elektronik (e-Filing). Penyampaian SPT tahunan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang menggunakan formulir 1770S atau 1770SS secara e-Filing dapat memberikan kemudahan dalam melaporkan pajak yang teutang, namun kurangnya sosialisasi KPP dan kurangnya kesadaran masyarakat akan kemudahan penyampaian SPT secara e-Filing sehingga Wajib Pajak lebih memilih melaporkan atau menyampaikan Surat Pemberitahuannya secara manual.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com