Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Yanti Sundari

Download...

Path: Top Jurnal Jurnal-Jurnal

Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Induktif Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Generatif

Journal from JBPTUMMIPP / 2015-06-25 09:04:07
Oleh : Yanti Mulyati , Dosen FKIP, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-01-29, dengan 7 file

Keyword : Peningkatan Generatif, Pemahaman konsep dan Penalaran Induktif

ABSTRAK



Abstrak



Penelitian ini bermaksud memperoleh sebuah bukti empiris tentang peningkatan kemempuan pemahaman konsep dan penalaran induktif siswa SMP terhadap pembelajaran dengan pendekatan generatif. Populasi dalam penilitian adalah siswa kelas VII SMPN 3 Cigunang-Cianjur,sedangkan sampel nya di ambil secara acak dua kelas dari enam kelas siswa kelas VII. Satu kelas mendapat pembelajaran dengan pendekatan generatif sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas mendapat pembelajaran konfensional sebagai kelompok kontrol.



Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap hasil tes awal dan tes akhir dengan uji-t untuk melihat rerata gain score temoralisasi antara kedua kelompok sampel. Analisis kualitatif dilakukan untuk menelaah aktifitas siswa selama pembelajaran,sikap siswa terhadap pembelajaran dengnan pendekatan generatif,dan aspek-aspek menjadi kendala dalam pembelajaran dengan pendekatan generative.



Berdasarkan analisis data dalam peneli tian ini di peroleh kesimpulan bahwa : 1)peningkat an kemempuan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan generative lebih tinggi di bandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konpensional, 2) peningkatan kemampuan penalaran induktif siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan generative lebih tinggi di bandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konfensional, 3) siswa menunjukan sikap positif terhadap matematika sehubungan pembelajaran dengan pendekatan generative, 4) aspek-aspek yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan generative untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran induktif yaitu pada tahap tantangan dibutuhkan waktu yang cukut lama.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com