Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Yanti Sundari

Download...

Path: Top » Laporan Tugas Akhir (D3) » Perpajakan » Tahun 2014

TATA CARA PENOMORAN FAKTUR PAJAK PER 1 APRIL 2013 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2014-07-15 13:31:39
Oleh : YAYA RAHMAYANTI, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2014-07-15, dengan 1 file

Keyword : TATA CARA PENOMORAN FAKTUR PAJAK
Subjek : FAKTUR PAJAK

ABSTRAK

Laporan tugas akhir ini berjudul “Tata Cara Penomoran Faktur Pajak Per 1 April 2013 Di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sukabumi”. Yang disusun oleh Yaya Rahmayanti dengan NIM 045121111015.

Hal yang melatarbelakangi penulis mengambil judul “Tata Cara Penomoran Faktur Pajak Per 1 April 2013” adalah memberikan sosialisasi kepada masyarakat secara tidak langsung mengenai bagaimana tahapan-tahapan permintaan nomor seri faktur pajak, selain itu peraturan ini masih terbilang baru dan penulis pun belum begitu menguasai dan memahami bagaimana tahapan-tahapan tersebut.

Dari latar belakang tersebut maka penulis mengambil masalah-masalah yang akan dibahas, yaitu bagaimana tata cara penomoran faktur pajak yang mulai diberlakukan mulai 1 April 2013 tersebut dan apa saja yang menjadi persyaratan untuk Pengusaha Kena Pajak (PKP) dalam rangka permintaan nomor tersebut dan kendala-kendala yang dihadapi.

Dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini, penulis menggunkan metode penelitian deskriptif. Serta menggunakan beberapa teknik penelitian yaitu dengan teknik wawancara dan studi pustaka. Laporan Tugas Akhir ini disusun dengan melakukan penelitian di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama sukabumi yang beralamat di Jl. R.E. Martadinata No.1 sukabumi.

Dalam tata cara penomoran faktur ada beberapa tahapan yang harus dilakukan Pengusaha Kena Pajak (PKP), tahapan tersebut dimulai dengan PKP mengajukan dan mengisi dengan lengkap surat permohonan permintaan kode aktivasi dan password yang disampaikan ke KPP tempat wajib pajak terdaftar, setelah paling lama 3 (tiga) hari kerja KPP akan menerbitkan surat pemberitahuan kode aktivasi melalui jasa ekspedisi dan password melalui surat elektonik (e-mail). Setelah menerima kode aktivasi dan password PKP berhak mengajukan permintaan nomor seri faktur pajak pada formulir yang telah disediakan, dan kemudian Direktur Jenderal Pajak akan memberikan nomor seri faktur pajak yang bisa gunakan oleh PKP.

Dengan dipaparkannya prosedur permintaan nomor seri faktur pajak, diharapkan dapat memberikan kemudahan pada masyarakat serta dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak terhadap kewajiban perpajakannya.

Beri Komentar ?#(1367) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com