Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irfan Sukmanugraha

Download...

Path: Top » Laporan Tugas Akhir (D3) » Perpajakan » Tahun 2014

PENERAPAN E-SPT PPH PASAL 21 TAHUN 2014 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA SUKABUMI

Undergraduate Theses from JBPTUMMIPP / 2015-07-01 10:35:24
Oleh : Yuni Annisa [D3 Perpajakan], Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-07-01, dengan 2 file

Keyword : Penerapan, Pasal 21, Pelayanan Pajak

Laporan tugas akhir ini disusun oleh Yuni Annisa, 045121111011, dengan judul Ā“PENERAPAN E-SPT PPH PASAL 21 TAHUN 2014 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA SUKABUMIĀ”, dibawah bimbingan Tanti Agustiani S.Pd., M.Hum dan Venita Sofiani SE, M.Si. Laporan ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sukabumi.

e-SPT adalah data SPT Pemotong dalam bentuk elektronik yang dibuat oleh Pemotong PPh dengan menggunakan aplikasi e-SPT yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Media elektronik adalah sarana penyimpanan data elektronik yang dapat digunakan untuk memindahkan data dari suatu komputer ke komputer lainnya, antara lain Flash Diskdan Compact Disc (CD). Surat pemberitahuan (SPT) adalah surat yang oleh Wajib Pajak (WP) digunakan untuk melaporkan perhitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak dan atau bukan objek pajak, dan/atau harta dan kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan. DJP melakukan inovasi untuk mempermudah penyampaian SPT salah satunya dengan memanfaatkan media elektronik atau yang biasa disebut e-SPT. Dasar hukum e-SPT adalah Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor 6/PJ/2009 tentang tata cara penyampaian surat pemberitahuan melalui media elektronik. Untuk menyampaikan SPT Masa PPh pasal 21 terdapat aplikasi e-SPT Masa PPh 21-26 Version 2.0 yang diatur dalam Per-14/PJ/2013.

Metode yang digunakan oleh penulis dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah Metode Deskriptif yaitu pencarian data dengan interpretasi yang tepat. Penelitian deskriptif mempelajari masalah-masalah yang ada di masyarakat, serta tata cara yang berlaku di masyarakat dan situasi-situasi tertentu termasuk tentang hubungan kegiatan-kegiatan, sikap-sikap, pandangan-pandangan, proses-proses yang sedang berlangsung serta pengaruh-pengaruh dalam fenomena.

Kesimpulan yang dapat disampaikan oleh penulis adalah DJP mempunyai satu terobosan pada saat sekarang dalam menghadapi dan mengatasi masalah-masalah yang terjadi mengenai pelaporan Surat Pemberitahuan, salah satunya dengan program e-SPT ini atau penyampaian SPT melalui media elektronik. Aplikasi e-SPT PPh pasal 21 sangat membantu WP melaporkan pajak yang terutang, namun kurangnya sosialisasi KPP dan kurangnya kesadaran masyarakat akan manfaat dan kegunaan e-SPT itu sendiri sehingga menyebabkan e-SPT kurang efektif dan WP cenderung lebih memilih melaporkan Surat Pemberitahuan secara manual.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com