Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...

Path: Top Prosiding 2015

RISET EMBODIED ENERGY DALAM ARSITEKTUR

Prosiding Seminar Doktor LPPM UMMI 2015
Proceeding from JBPTUMMIPP / 2015-10-05 16:08:42
Oleh : Yuni Sri Wahyuni, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Dibuat : 2015-09-21, dengan 1 file

Keyword : Emodied Energy





PENDAHULUAN



Krisis energi global merupakan suatu keniscayaan bila masyarakat dunia tidak peduli terhadap upaya penghematan dalam konsumsi energi. China menjadi negara dengan tingkat konsumsi energi terbesar di dunia sejak 2010. Disusul oleh negara-negara maju lainnya seperti Amerika Serikat, Eropa, dll. Selama ini rilis tentang konsumsi energi dunia sangat besar terutama untuk khususnya sektor transportasi dan bangunan (Mazria, 2007).



Konsumsi energi pada bangunan yang mencapai angka 48% ternyata dalam tahapan operasional. Sedangkan dalam lifecycle building, tahapan operasional tersebut hanya salah satu bagian dari keseluruhan tahapan. Artinya pada setiap tahapan dalam lifecycle building sesungguhnya terdapat kandungan kebutuhan akan konsumsi pula dan lebih besar. Haynes (2013) mempublikasikan hasil penelitiannya bahwa ternyata energi non operasional bangunan atau energy yang terkandung dalam tahapan lifecycle building dapat mencapai 30%-70% dari total kebutuhan energi pada building project. Angka ini mendorong para peneliti untuk melakukan studi mengenai energi yang terkandung dalam suatu lifecycle building secara menyeluruh. Energi yang terkandung dalam tahapan dan proses lifecycle building/project ini disebut embodied energy.



Definisi embodied energy yang sering dikutip dari para arsitek di Kanada mengutip pernyataan Treloar (1994) tentang embodied energy sebagai sejumlah energi yang dibutuhkan oleh serangkaian aktivitas dalam suatu proses yang relatif proposional dalam tahapannya untuk mengolah sumberdaya alam dan membagi energi yang digunakan dalam penggunaan peralatan serta perangkat pendukung lainnya dalam bentuk energi langsung dan tidak langsung (www.canadianarchitect.com, 2013).



Kesadaran mengenai besarnya potensi embodied energy dalam lifecycele building ini mendorong dilakukannya penelitian bidang ini. Tujuan penelitian-penelitian tersebut selain memperoleh gambaran besaran potensi embodied energy, agar mampu mengukur imbas kepada besarnya dampak dari penggunaan energi terhadap lingkungan. Jika dampak lingkungan tersebut dapat diprediksi sejak awal maka dapat dilakukan upaya mitigasi kerusakan lingkungan. Perkembangan penelitian embodied energy melibatkan berbagai disiplin ilmu. Dalam artikel ini akan diarahkan khusus pada penelitian embodied energy yang berhubungan dekat dengan bidang konstruksi dan arsitektur.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUMMIPP
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Sukabumi
Nama Kontaktiyanti_sundari@yahoo.com
AlamatJl. R. Syamsudin, SH. No. 50
KotaSukabumi
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratortiyanti_sundari@yahoo.com
E-mail CKOtiyanti_sundari@yahoo.com